Minggu, 03 Februari 2013

Ribuan Pembina Pramuka di Jabar Ikut Sertifikasi


RIBUAN Pembina Pramuka di Jawa Barat (Jabar) kini tengah digodok untuk mendapatkan sertifikasi. Sementara pembina pramuka di Jabar yang bersertifikasi saat ini sekitar 1800 guru.
”Saat ini 4000 lebih Pembina Pramuka di Jabar sedang menjalani proses sertifikasi," kata Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jabar, Dede Yusuf saat ditemui wartawan di Gasibu Kota Bandung, Selasa (25/9/2012).
Dengan sertifikasi para pembina pramuka, kata Dede, nantinya akan diakui oleh Kepala Sekolah dan Dinas Pendidikan setempat. "Hal tersebut dilakukan karena selama ini Pramuka hanya dianggap ekstrakulikuler. Namun sekarang sudah ada Undang-undang yang mengaturnya, jadi tidak perlu ditekan lagi," ujarnya.
Jika nanti pada pelaksanannya ada yang melanggar (mengakui), lanjutnya, pastinya akan terkena sanksi sesuai Undang-undag yang berlaku. Selain itu anggota Pramuka saat ini, harus memiliki skil dan kemampuan.
"Supaya tidak ada anggapan bahwa anggota Pramuka tidak hanya baris berbaris atau kemping," ucapnya.
Kita lihat dengan adanya anggota pramuka dari pesantren-pesantren, kata dia, meski di sana banyak pelajajaran yang mengarah pada salafiyah tapi mereka mampu mengimbanginya.
"Itu artinya, anggota Pramuka dari pesantren menunjukkan kebanggaannya terhadap bangsa sangat besar sekali," tandasnya.  
[] Ridwan | BandungOke.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar